Pages

Minggu, 31 Oktober 2010

Peluang Bisnis “Hiasan dari Kain Flanel”

Saya menulis tentang sebuah bisnis yang memanfaatkan kain flanel. Kain flanel adalah kain yang dibuat dari benang wol yang ditenun. Dengan menggunakan kain flanel, bisa membuat berbagai hiasan, boneka, atau kegunaan lainnya, seperti gantungan kunci, hiasan meja, bahkan souvenir yang cantik untuk pernikahan, even-even tertentu, atau bahkan menjadi hadiah / bingkisan untuk sahabat, saudara, teman, ataupun kekasih.



Cara membuatnya:

Cara membuat hiasan dari kain flanel pun sangat mudah, yang dibutuhkan hanya kain flanel, benang, jarum, dan kebutuhan lainnya untuk memperindah hiasan yang dibuat. Setelah bahan-bahannya tersedia, selanjutnya membuat pola flanelnya. Pola flanel dapat berasal dari imajinasi akan objek yang ingin diciptakan, dapat juga dari gambar-gambar di majalah atau buku, media internet, atau juga dari pola flanel yang sudah tersedia di buku-buku kerajinan flanel yang saat ini banyak tersedia di toko-toko buku.

Pola flanel bisa mempermudah dalam menciptakan kreasi hiasan dari kain flanel. Pola flanel yang kita cetak di atas kain flanel akan menghasilkan gambar flanel dan gambar flanel inilah yang nantinya akan kita jahit sehingga tercipta kerajinan dari kain flanel.

Modalnya

Jika ingin memulai bisnis membuat hiasan dari kain flanel, kita tidak perlu membutuhkan modal yang besar, hanya dengan biaya kurang dari 50.000, kita bisa memulai bisnis ini.

Dengan biaya kurang dari 50.000, kita sudah bisa mendapatkan :

  1. Kain flanel, berukuran ukuran 1m x 97cm
  2. Tali gantungan, Hp 4,5 cm
  3. Karet Rambut, 10 pcs
  4. Tempelan kaca dengan diameter 3cm, 10 pcs
  5. Benang sulam
  6. Peniti/bros
  7. Mata boneka
  8. Jarum jahit
  9. Pita satin


Target Pasaran dan Cara Promosi

Untuk target pasaran, saya utamakan adalah wanita, baik itu anak-anak, dewasa, ataupun orang tua. Karena dari hasil survei, wanita lebih cenderung menyukai hiasan yang lucu-lucu apa lagi berbentuk berbentuk boneka dari pada pria.

Cara promosinya bisa dari mulut ke mulut ataupun dengan menggunakan media internet. Tetapi di sini saya menyarankan cara memasarkannya adalah dengan menggunakan media internet. Dengan menggunakan internet, pemasarannya akan lebih luas tidak sebatas orang yang berada di sekitar orang yang membuka bisnis ini, sehingga orang yang berada jauh dari tempat yang membuka bisnis ini dapat melihat dan membeli produk hiasan dari kain flanel ini.


Pertumbuhan Bisnis

Pertumbuhan bisnis untuk hiasan dari kain flanel ini, menurut saya bagus, karena pemasarannya yang menggunakan media internet. Apa lagi sekarang jejaring sosial sudah mulai banyak dan fasilitas untuk membuat web sendiri (blog) sudah semakin banyak. Tidak hanya itu, untuk memulai bisnis ini, kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.


Harga Produk dan Keuntungan yang di Dapat

Harga yang ditawarkan untuk hiasan dari kain flanel ini adalah berkisar antara 2000 sampai dengan 25000 rupiah, tergantung besar atau kecilnya hiasan dan juga bergantung pada tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini cukup besar, karena dengan kain flanel 1m x 97cm yang harganya hanya 16000 rupiah, kita bisa membuat kurang lebih 20 boneka ukuran sedang yang bisa dijual dengan harga 15000 dan untuk gantungan kunci ukuran kecil bisa membuat kurang lebih 25 gantungan yang bisa dijual dengan harga 2000 rupiah.


Pembelian dan Kontrol Inventaris

Teknis dalam pembelian produk adalah dengan cara belanja layaknya pada situs e-commerce dimana disediakan cart belanjaan. Jika membeli produk dalam paket yang besar biasanya pembeli akan menerima potongan harga untuk pengiriman ke wilayah tujuan.

Untuk kontrol inventaris saya akan menyerahkan kepada bagian manajerial dimana mereka bertugas dalam menjaga keutuhan dan kualitas produk sebelum sampai kepada pembeli.


Referensi:

http://flanelq.com/search/cara+membuat+boneka+dari+kain+flanel



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar