Pages

Senin, 30 Mei 2011

EyeOS : Cloud Operating System

Pada tulisan sebelumnya, saya telah membahas tentang Cloud Computing dan kali ini saya akan membuat tulisan tentang salah satu dari sistem operasi Cloud Computing, yaitu EyeOS. EyeOS memiliki semboyan, yaitu “Your files, your application, your life!” yang artinya pengguna bisa mengakses file milik mereka DIMANAPUN tanpa harus menenteng-nenteng komputer miliknya.

Apa Itu EyeOs?

EyeOS merupakan sistem operasi open source berbasis web yang dibuat dengan gabungan bahasa PHP, XML dan JavaScript, sehingga eyeOS menjadi bersifat multiplatform. Dengan EyeOS kita dapat menyimpan dan mengelola semua data kita, seperti menyimpan dan mengelola data di OS komputer atau notebook. Maksimum data yang dapat di upload atau disimpan ke dalam EyeOS ini adalah 12MB. EyeOS dijalankan dengan menggunakan browser (Mozilla Firefox, Safari, Opera, Internet Explore, Google Chrome, dll). Jadi, dimana ada browser, disitulah eyeOS dapat dijalankan. OS tersebut termasuk office suite dan beberapa kolaborasi aplikasi, serta framework untuk mengembangkan aplikasi web baru seolah-olah mereka aplikasi desktop. Free dan Open Source - sehingga Kita dapat host sistem sendiri, menjaga semua data Kita di bawah kendali Kita. Pada Sistem Operasi ini terdapat berbagai macam aplikasi, seperti kalender, RSS Reader, email client, word processor, spreadsheet, dan manajer kontak.


Technical

Framework (Rich Internet Applications)

EyeOS tidak hanya desktop web dengan aplikasi sendiri, tetapi telah dirancang dari awal untuk memungkinkan kemudahan pengembangan dan pembuatan aplikasi baru. Pada EyeOS 2.0 telah dikembangkan dengan open technology dan menerapkan stkitar seperti PHP, MySQL, JavaScript, Qooxdoo, log4php, PHPUnit, OpenOffice dan lain-lain, sehingga memungkinkan sistem berfungsi di server web umum tanpa modifikasi, dan menggunakan browser stkitar tanpa ada tambahan plug-in.

Open Source

EyeOS ini bersifat Open Source, sehingga jika ingin mengubah kode EyeOS diperbolehkan, tapi harus mengikuti model open development dengan publice SVN, kontrol versi pengembangan dan track development project. Karena EyeOS ini bersifat open source, maka EyeOS ini hanya bisa dijalankan di linux. Tidak hanya itu, di linux yang kita gunakan harus sudah terinstal Apache dan PHP5.

Develop Easily

Cepat dan mudah dalam belajar membuat program dalam eyeOS. User tidak perlu khawatir tentang sistem sama sekali. Oleh karena itu, sangat mudah untuk membuat aplikasi. EyeOS telah dirancang sebagai sistem yang benar-benar extensible sehingga siapa pun dapat membuat aplikasi yang menggunakan PHP dan JavaScript dan mengintegrasikannya ke dalam sistem.


Features

Dekstop

EyeOS dikembangkan dengan konsep desktop web yang berisi serangkaian widget dengan informasi yang paling penting tentang sesi user dan informasi pribadi user, untuk membantu meningkatkan produktivitas User.

The Base Application

EyeOS secara default terdapat aplikasi Office (pengolah kata), kalender, buku harian, email (dengan dukungan POP3/IMAP) dan banyak lagi.

Perkembangan yang lebih baik dan mudah

Membuat aplikasi eyeOS 2.0 itu ‘mudah’. GUI (Graphical User Interface) benar-benar diterapkan dalam JavaScript, dan sistem ini didasarkan pada OOP (Object Oriented Programming) dan dapat diperluas atau dimodifikasi dengan menambahkan class dan methods. Methods baru (GenericDao) memungkinkan Kita untuk menyimpan dan mengambil data dari database: tidak perlu mengetahui SQL. Membuat RIA mudah dan cepat.

Collaborative Work

EyeOS 2.0 telah dirancang sebagai sebuah desktop yang jauh lebih sosial. Versi baru memperkenalkan cara baru, mudah dan intuitif untuk berbagi file, kalender dan banyak lagi antara pengguna dan kelompok.


Proses Instalasi

Proses instalasi eyeOS sendiri sangat mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah mendownload installernya, mengekstrak dan menguploadnya ke web server dan menggunakan web browser, melakukan initial instalasi.

Langkah demi langkahnya sebagai berikut:

  1. Download installer eyeOS dari eyeos.org
  2. Ekstrak file yang anda download tadi, yaitu tar xzvf eyeos-xxx.tgz, sehingga akan terbentuk folder eyeOS. Rubah permissionnya ke 777. caranya chmod -R 777 eyeOS
  3. Upload folder ini dan seluruh isinya ke web server anda. Misalnya saya menguploadnya ke public_html saya di local web server saya.
  4. Lalu buka browser anda, dan ketikkan alamat url sesuai path eyeOS anda. Misalnya: http://localhost/~amrinz/eyeOS
  5. Kali pertama mengakses, anda akan disuguhkan installer. Anda akan diminta memasukkan password root dan nama host (hostname).
  6. Jangan lupa memberi tanda centang pada pilihan “Allow user to create account” jika ingin mengijinkan user biasa membuat accountnya langsung. Setelah itu klik tombol install eyeOS
  7. Tunggu sesaat, anda akan menghadapi halaman login ke desktop anda. Ketikkan “root” sebagai username, dan password anda yang telah dibuat tadi.



Referensi:
http://tukanganimasi.blogspot.com/2011/04/eyeos-sebuah-cloud-operating-system.html

http://mahmudsiddik.com/tulisan/weblog/tips-a-trik/55-eyeos-os-open-source-berbasis-web.html

http://linuxindo.web.id/2008/08/15/instalasi-dan-penggunaan-eyeos/#more-155



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar